MODUL AJAR PAI DAN BP
I.
INFORMASI UMUM
A.
IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Dede Muhaimin
Nama Sekolah : MI Barokatul Qodiri
Tahun Penyusunan : 202024
Modul Ajar : PAI DAN BP
Fase/Kelas :
B/IV
Alokasi Waktu : 8 JP x 35 menit (3 Pertemuan)
B.
KOMPETENSI AWAL
1.
Peserta didik dapat mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah,
memahami ajaran kebaikan dalam Islam serta meneladani sikap toleransi.
C.
PROFIL PELAJAR PANCASILA
Pada kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil
pelajar pancasila tentang:
1.
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Berkebinekaan global dengan cara melatih peserta didik tidak
membeda-bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
3.
Mandiri dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman
saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
4.
Bergotong royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling
membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum,
diskusi, maupun presentasi hasil kerja kelompok.
5.
Bernalar kritis dengan cara melatih peserta didik dengan
pertanyaan-pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan
dengan topik materi.
6.
Kreatif dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam
mengajukan ide yang berhubungan dengan topik materi.
D.
SARANA DAN PRASARANA/ALAT DAN BAHAN
1.
Ruang Kelas
2.
Alat dan Bahan :
a.
Matching Card ( Kartu Pasangan) untuk pembelajaran make a
match
b.
Worksheet
c.
Video atau poster tentang keragaman
d.
LCD Projector
e.
Laptop
3.
Materi dan Sumber Bahan Ajar :
a.
Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021
E.
TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus)
F.
Model Pembelajaran
1.
Tatap Muka
II.
KOMPETENSI INTI
A.
Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan mengamati,
menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik mampu:
1.
Mendeskripsikan
keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal (lita’arafu) dengan
benar.
2.
Menyebutkan
ajaran kebaikan dari agama islam dan agama selain Islam dengan tepat.
3.
Mengungkapkan
perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan
baik.
4.
Saling
menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan
sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar.
5.
Meyakini
bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar.
6.
Menghormati
orang lain sebagai cerminan dari iman dengan baik.
B.
Capaian Pembelajaran:
1.
Menghormati
dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapan-ungkapan
positif (kalimah ṫayyibah) dalam keseharian.
2.
Memahami
arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullāh).
3.
Mengenal
norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya
diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk
mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.
C.
Pemahaman Bermakna
1.
Menghargai perbedaan budaya yang ada dan
menanamkan sifat toleransi sejak dini supaya bisa menerima perbedaan yang ada.
D.
Pertanyaan Pemantik
1.
Pernahkah kalian bertemu dengan beberapa orang
dari berbagai suku dan bangsa lain? Dimana kalian bertemu mereka? Apa yang
kalian lakukan kepada mereka?
2.
Tahukah kalian apa yang dinamakan kebaikan
dalam agama islam?
3.
Pernahkah kalian mengalami hal seperti cerita
tersebut di sekolah atau di rumah?
E.
Persiapan Pembelajaran
1.
Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
2.
Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan buku teks,
laptop, alat dan bahan yang dibutuhkan.
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa
peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan
lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa
dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum
memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap
kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3. Guru bertanya
kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4. Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5. Guru menyampaikan tujuan kegiatan
pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan
serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses
pembelajaran. |
20
menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta didik mengamati Gambar 3.3. 2.
Guru menjelaskan terkait keragaman sebagai
sebagai Sunnatullah dalam buku siswa. 3.
Peserta didik membentuk beberapa kelompok
(sesuai kondisi peserta didik dalam satu kelas). 4.
Guru menyampaikan tugas kelompok yaitu
mencari jenis keragaman penduduk Indonesia. 5.
Setiap kelompok mendapat tugas untuk mencari
informasi mengenai keragaman penduduk
Indonesia (keragaman bangsa, suku dan agama) pada rubrik Aktivitas Kelompok. 6.
Hasil penelusuran informasi ditulis di
kertas origami dengan warna yang berbeda, lalu ditempel di kertas
manila/plano dengan tata letak yang menarik. 7.
Setiap kelompok memajang kertas manila/plano
di dinding kelas, lalu tiap kelompok saling mengunjungi galeri kelompok lain,
untuk menambah informasi tentang materi keragaman peserta didik bisa
melakukan tanya jawab. 8.
Peserta didik menyanyikan lagu Penduduk
Indonesia secara klasikal atau kelompok tampil di depan dengan gaya
penampilan grup musik pada rubrik Ayo Bernyanyi. |
100
menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan tentang keragaman
sebagai Sunnatullah. 3.
Mengagendakan pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan
berikutnya yaitu tentang ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam. 5.
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu,
Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20
menit |
Pertemuan Kedua
(4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan
kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan
peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan
tepukan, atau bernyanyi. 2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa
dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum
memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap
kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3. Guru bertanya
kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4. Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5. Guru menyampaikan tujuan kegiatan
pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan
serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses
pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta didik membaca teks pelajaran tentang
kebaikan dalam agama Islam dalam buku siswa. 2.
Guru memberikan penguatan dan penegasan, lalu
guru dan peserta didik bertanya jawab terkait materi kebaikan dalam agama
Islam. 3.
Peserta didik mencari contoh perilaku baik
kepada Allah, sesama manusia dan alam pada rubrik Aktivitasku. 4.
Peserta didik mengamati cerita bergambar
dalam buku siswa, lalu guru memberikan satu pertanyaan, mengapa Maria dan
ibunya berbuat baik kepada Nadiya,
padahal mereka berdua bukan orang Islam? 5.
Peserta didik membaca jawaban atas
pertanyaan tersebut sekaligus memahami materi pokok ajaran kebaikan menurut
agama selain Islam. 6.
Peserta didik membentuk kelompok yang
terdiri dari 2-3 anak. 7.
Peserta didik secara berkelompok berdiskusi
tentang berita sesuai petunjuk yang ada di buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan tentang ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam. 3.
Mengagendakan pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan
berikutnya tentang saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama. 5.
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu,
Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Ketiga (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan
kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan
peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan
tepukan, atau bernyanyi. 2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa
dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum
memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap
kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3. Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari
ini. 4. Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5. Guru
menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan
apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari
peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta didik mengamati Gambar 3.5. 2.
Peserta didik membaca teks pelajaran tentang
saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama dalam buku siswa. 3.
Peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok
A menyiapkan kuis tentang materi
contoh toleransi Rasulullah saw. Kelompok B menyiapkan kuis tentang materi
toleransi dan batasannya. 4.
Setiap kelompok saling menguji, lalu guru
dan peserta didik bertanya jawab terkait materi tersebut. 5.
Peserta didik menulis pengalamannya bergaul
dengan orang lain: teman, tetangga
atau kenalan yang berbeda agama sesuai petunjuk di buku siswa pada rubrik
Aktivitasku. 6.
Guru dan peserta didik menyegarkan pikiran
dan suasana dengan ice breaking seperti senam ringan, bertepuk atau
bernyanyi. 7.
Peserta didik secara berkelompok melakukan diskusi
sesuai petunjuk di buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan tentang saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda
agama. 3.
Mengagendakan pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan
berikutnya. 5.
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu,
Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
G.
Asesmen
No |
Jenis Asesmen |
Bentuk Asesmen |
1.
|
Diagnostik |
·
Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran
dimulai. ·
Tanya jawab sebagai tindak lanjut. |
2.
|
Formatif |
Penilaian
proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya,
keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik memahami keragaman sebagai Sunnatullah dan meneladani
sikap toleransi. |
3.
|
Sumatif |
Tertulis (isian
benar salah dan uraian) |
H.
Kegiatan Remedial dan Pengayaan
1.
Kegiatan remedial:
Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru
melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan
memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta
didik yang bersangkutan.
2.
Kegiatan pengayaan:
Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari
peserta didik lain, guru memberikan kegiatan
pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi
yang telah dipelajari.
I.
Refleksi Guru
1.
Refleksi Peserta Didik
Pertanyaan
refleksi |
☺ |
😐 |
☹ |
Sudahkah kalian memahami keragaman sebagai
Sunnatullah |
|
|
|
Apakah kalian sudah tahu ajaran kebaikan dari Agama
Islam dan Agama selain Islam |
|
|
|
Dapatkah kalian mengungkapkan
perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama |
|
|
|
Apakah kalian sudah meneladani sikap
saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di
lingkungan sekolah maupun tempat tinggal |
|
|
|
Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari ini |
|
|
|
Bagian mana yang paling kamu sukai? |
|||
Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan
pembelajaran hari ini? |
2.
Refleksi Guru
Pertanyaan refleksi |
Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh
kegiatan ini? |
Apabila bisa diulang apa yang
akan dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? |
Bagaimana keterlibatan peserta
didik? |
Apa saja kesulitan yang dialami
oleh peserta didik? |
III.
LAMPIRAN
A.
Penilaian
1.
Penilaian Diagnostik
a.
Diagnostik Non Kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif di
awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan
psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar
di rumah, kondisi keluarga, dan pergaulan peserta didik, gaya belajar,
karakter, dan minat siswa.
No |
Pertanyaan |
Pilihan Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1.
|
Apa kabar hari ini? |
|
|
2.
|
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3.
|
Apakah kalian dalam keadaan sehat? |
|
|
4.
|
Apakah anak-anak merasa
bersemangat hari ini? |
|
|
5.
|
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6.
|
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
b.
Diagnostik Kognitif
1.
Pernahkah kalian bertemu dengan beberapa orang
dari berbagai suku dan bangsa lain? Dimana kalian bertemu mereka? Apa yang
kalian lakukan kepada mereka?
2.
Tahukah kalian apa yang dinamakan kebaikan
dalam agama islam?
3.
Pernahkah kalian mengalami hal seperti cerita
tersebut di sekolah atau di rumah?
2.
Penilaian Formatif
a.
Instrumen Penilaian Sikap
1)
Sikap Spiritual
Teknik Penilaian :
Penilaian diri
Instrumen Penilaian :
Rubrik
Nama Peserta didik :
....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku
meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian :
Penilaian Antar Teman
Instrumen Penilaian :
Rubrik
Nama Peserta didik :
....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku
meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah. |
|
|
|
|
Keterangan
SL = Selalu : sangat baik
SR = Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP = Tidak
Pernah : perlu bimbingan
2)
Sikap Sosial
Teknik Penilaian :
Penilaian diri
Instrumen Penilaian :
Rubrik
Nama Peserta didik :
....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku
menunjukkan sikap saling menghormati dan menghargai antar umat beragama sebagai cerminan dari iman
dengan baik dan benar. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian :
Penilaian Antar Teman
Instrumen Penilaian :
Rubrik
Nama Peserta didik :
....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku
menunjukkan sikap saling menghormati dan menghargai antar umat beragama sebagai cerminan dari iman
dengan baik dan benar. |
|
|
|
|
Keterangan
SL = Selalu : sangat baik
SR = Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP = Tidak
Pernah : perlu bimbingan
b.
Penilaian Keterampilan
Nama Peserta didik :
....................
No. |
Indikator |
4 |
3 |
2 |
1 |
0 |
1. |
Menyanyikan lagu Penduduk
Indonesia |
|
|
|
|
|
2. |
Menunjukkan sikap saling
menghromati dan menghargai keberagaman |
|
|
|
|
|
Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat
kriteria.
·
Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga
kriteria.
·
Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua
kriteria.
·
Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu
kriteria.
·
Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu
memenuhi kriteria sama sekali.
Contoh kriteria: benar dan jelas.
Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi untuk
mengembangkan instrumen penilaian sendiri.
c.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Aktivitas Pembelajaran 1 :
Penilaian Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak,
percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib,
kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak,
percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib,
kompak, percaya diri |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
12
Penilaian Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan jawaban |
Estetika (nilai
seni) pajangan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban
benar/tepat, menarik |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian
besar jawaban benar, menarik |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh
jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian
kecil jawaban benar, menarik |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 2 :
Carilah contoh perilaku baik kepada Allah,
sesama manusia dan alam sekitar!
No |
Akhlak kepada |
Contoh perilaku
Baik |
1 |
Allah Swt. |
|
2 |
Sesama manusia |
|
3 |
Alam sekitar |
|
Kunci jawaban
No |
Akhlak kepada |
Contoh perilaku
Baik |
Skor |
1 |
Allah Swt. |
Mendirikan salat, membaca Al-Qur’an, ikhlas. (kebijakan guru: sesuai ketepatan jawaban peserta didik dan
soal) |
6 jika menjawab 3 contoh yang benar 4 jika menjawab 2 contoh yang benar 2 jika menjawab 1 contoh yang benar |
2 |
Sesama manusia |
Berkata jujur, besikap santun, membantu (kebijakan
guru: sesuai ketepatan jawaban peserta didik dan soal) |
6 jika menjawab 3 contoh yang benar 4 jika menjawab 2 contoh yang benar 2 jika menjawab 1 contoh yang benar |
3 |
Alam sekitar |
Menyiram tumbuhan, merawat hewan, menjaga kebersihan. (kebijakan
guru: sesuai ketepatan jawaban peserta didik dan soal) |
6 jika menjawab 3 contoh yang benar 4 jika menjawab 2 contoh yang
benar 2 jika menjawab 1 contoh yang benar |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
18
Penilaian Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak,
percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib,
kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak,
percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib,
kompak, percaya diri |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
12
Penilaian Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan
kesimpulan terhadap berita |
Estetika (nilai
seni) pajangan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1. |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban
benar/tepat, menarik |
2. |
6 |
Baik |
Sebagian
besar jawaban benar, menarik |
3. |
4 |
Cukup |
Separuh
jawaban benar, menarik |
4. |
2 |
Kurang |
Sebagian
kecil jawaban benar, menarik |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 3 :
No |
Nama siswa |
Kriteria |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Keruntunan cerita |
Kesesuaian cerita
dengan tema |
Penggunaan bahasa |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
Skor |
Keterangan |
4 |
Apabila alur cerita runtun. |
3 |
Apabila sebagian besar alur cerita
runtun |
2 |
Apabila Sebagian kecil alur cerita
runtun. |
1 |
Apabila alur cerita tidak runtun. |
Kesesuaian cerita dengan tema
Skor |
Keterangan |
4 |
Apabila isi cerita sesuai dengan
tema. |
3 |
Apabila sebagian besar isi cerita,
sesuai dengan tema. |
2 |
Apabila Sebagian kecil isi cerita
sesuai dengan tema. |
1 |
Apabila isi cerita tidak sesuai
dengan tema. |
Penggunaan bahasa
Skor |
Keterangan |
4 |
Apabila menggunakan bahasa yang
baik dan benar. |
3 |
Apabila sebagian besar menggunakan
bahasa yang baik dan benar. |
2 |
Apabila Sebagian kecil menggunakan
bahasa yang baik dan benar |
1 |
Apabila alur cerita tidak
menggunakan bahasa yang baik dan benar. |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
12
Penilaian Kelompok
No |
Nama
Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Kesesuaian
antara mosi dengan argumentasi (relevansi). |
Kemampuan
untuk menjelaskan argumentasi dengan jelas dan runtut (elaborasi). |
Kemampuan
untuk menyanggah dan menanggapi argumentasi lawan (respon). |
|||
1 |
Kelompok Pro |
|
|
|
|
2 |
Kelompok Kontra |
|
|
|
|
Skor |
Keterangan |
4 |
Semua mosi dengan argumentasi
sesuai (relevansi). |
3 |
Sebagian besar mosi dengan
argumentasi sesuai (relevansi). |
2 |
Sebagian besar mosi dengan
argumentasi tidak sesuai (relevansi). |
1 |
mosi dengan argumentasi tidak
sesuai (relevansi). |
Skor |
Keterangan |
4 |
Sangat mampu menjelaskan
argumentasi dengan jelas dan runtut (elaborasi). |
3 |
Mampu menjelaskan argumentasi
dengan jelas dan runtut (elaborasi). |
2 |
Cukup mampu menjelaskan argumentasi
dengan jelas dan runtut (elaborasi). |
1 |
Tidak mampu menjelaskan
argumentasi dengan jelas dan runtut(elaborasi). |
Skor |
Keterangan |
4 |
Sangat mampu menyanggah dan
menanggapi argumentasi lawan (respon). |
3 |
mampu menyanggah dan menanggapi argumentasi
lawan (respon). |
2 |
Cukup menyanggah dan menanggapi
argumentasi lawan (respon). |
1 |
Tidak mampu menyanggah dan
menanggapi argumentasi lawan (respon). |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
12
3.
Penilaian Sumatif
A.
Lingkarilah huruf B jika pernyataan benar dan
S apabila pernyataan salah. Paparkan
pula alasanmu di bawahnya!
1.
(B – S) Keragaman manusia merupakan kehendak
Allah Swt. (sunnatullah)
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
2.
(B – S) Terciptanya keragaman manusia menjadi
berbagai bangsa dan suku untuk saling bersaing dan menjatuhkan.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
3.
(B – S) Umat Islam tidak boleh mengikuti
kegiatan ibadah saudaranya yang bukan Islam demi menjaga persaudaraan.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
4.
(B – S)
Nadia tidak mau bergaul dengan teman yang berbeda agama.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
5.
(B – S) Semua agama mengajarkan pemeluknya
untuk saling menghargai.
Alasan :
..............................................................................................................................................................................................................................................
B.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan
benar!
1.
Keragaman dan perbedaan manusia adalah
sunatullah agar kita saling mengenal.
Jelaskan dua
perbuatan yang mencerminkan perilaku saling mengenal!
2.
Bacalah dan pahami potongan hadis berikut!
..... الْبِرُّحُسْنُ الْخُلُقِ
Apa yang
dimaksud kebaikan dalam potongan hadis tersebut?
3.
Mengapa semua agama menganjurkan untuk saling
menolong?
4.
Tulislah satu contoh toleransi yang dilakukan
oleh Rasulullah saw.!
5.
Apa batasan toleransi antar umat beragama?
Kunci Jawaban
A.
1. B
Alasan: Karena
Allah telah menciptakan keragaman dalam diri manusia sejak awal penciptaannya
yang tidak bisa dicipta sendiri oleh manusia.
2. S
Alasan: Sebab
persaingan dan saling menjatuhkan akan mengakibatkan kerusakan pada manusia dan
manusia tidak akan menghendakinya.
3. B
Alasan: Karena tidak mungkin dua keyakinan atau ibadah dicampuradukkan.
Tidak boleh mengorbankan prinsip keyakinan dan ibadah untuk alasan persudaraan.
Persaudaraan dikuatkan dengan hubungan baik dalam pergaulan bukan dalam ibadah
4. S
Alasan: Karena semua agama mengajarkan untuk berbuat baik dan bergaul
kepada semua orang tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan golongan.
5. B
Alasan: Karena saling menghargai merupakan ajaran kebaikan yang secara umum
dinyatakan baik oleh setiap agama.
Pedoman Skor
Skor |
Keterangan |
4 |
Jawaban benar dan alasan benar |
3 |
Jawaban benar dan sebagian besar
alasan benar. |
2 |
Jawaban benar dan sebagian kecil
alasan benar. |
1 |
Jawaban benar dan alasan salah |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
20
B.
1. Dua perbuatan
yang mencerminkan perilaku saling mengenal:
a. Berdialog untuk
saling menggali informasi mengenai perbedaan sehingga timbul saling memahami perbedaan tersebut.
b. Saling bekerja
sama dan mendukung dalam kegiatan sosial atau kemasyarakatan seperti gotong
royong di lingkungan.
Skor 4 jika
menjawab 2 jawaban yang benar
Skor 2 jika
menjawab 1 jawaban yang benar
2. Kebaikan adalah
akhlak yang baik.
Skor 4
3. Karena saling
menolong merupakan perbuatan yang ajaran kebaikan yang diakui oleh seluruh
agama.
Skor 4
4. Suatu hari Rasulullah mendapati
rombongan yang mengangkut jenazah lewat di hadapan beliau. Nabi pun berdiri
menghormati. Sahabat beliau segera memberi tahu dengan nada seolah protes, “Itu
jenazah orang Yahudi.” “Bukankah ia juga manusia?” sahut Rasulullah saw.
Skor 4
5. Toleransi hanya berlaku pada
perilaku hubungan baik dalam pergaulan sebagai anggota masyarakat dan tidak
pada aqidah dan ibadah.
Skor 4
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
20
B. Lembar Kerja Peserta
Didik
Lembar kerja membuat cerita
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Coba amati gambar berikut ini.
Isi Cerita
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C.
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
1.
Bahan Bacaan Guru
·
Buku PAI yang relevan dengan materi
pembelajaran Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman.
2.
Bahan Bacaan Siswa
·
Worksheet.
·
Video atau poster tentang keragaman.
D.
GLOSARIUM
·
Sunatullah :
hukum Allah Swt. yang disampaikan kepada umat manusia melalui para rasul,
undang-undang keagamaan yang diterapkan oleh Allah Swt. yang termaktub di dalam
Al-Qur’an, hukum (kejadian dan sebagainya) alam yang berjalan secara tetap dan
otomatis.
·
Toleran : bersifat
atau bersikap menenggang (menghargai, membolehkan, membiarkan) pendirian
(pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiassaan, kelakuan dan sebagainya) yang
berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.
E.
DAFTAR PUSTAKA
·
Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021).
Buku Panduan Guru Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
·
Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021).
Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta:
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Komentar
Posting Komentar