Modul Ajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis
Kelas: V (Lima)
Materi Pokok: Asmaul Husna
A. Kompetensi Inti (KI)
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Allah, dan kegiatannya.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menyebutkan dan memahami beberapa Asmaul Husna.
2.1 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami pengertian Asmaul Husna dan contohnya.
4.1 Menyebutkan Asmaul Husna beserta artinya dengan baik dan benar.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
Menyebutkan beberapa Asmaul Husna beserta artinya.
Memberikan contoh penerapan nilai-nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pengertian Asmaul Husna.
Siswa dapat menyebutkan beberapa Asmaul Husna dan artinya.
Siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi Ajar
Pengertian Asmaul Husna:
Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah dan baik yang menggambarkan sifat-sifat-Nya. Terdapat 99 Asmaul Husna yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadis.
Contoh Asmaul Husna dan Artinya:
Ar-Rahman: Maha Pengasih.
Ar-Rahim: Maha Penyayang.
Al-Malik: Maha Merajai.
Al-Aziz: Maha Perkasa.
Al-Alim: Maha Mengetahui.
Manfaat Memahami Asmaul Husna:
Menumbuhkan rasa cinta dan takwa kepada Allah.
Mengajarkan perilaku positif sesuai dengan sifat Allah yang mulia.
Membantu kita untuk senantiasa berbuat baik kepada sesama.
Penerapan Asmaul Husna dalam Kehidupan Sehari-hari:
Menunjukkan kasih sayang kepada teman dan keluarga (Ar-Rahman).
Membantu orang lain dengan tulus (Ar-Rahim).
Berperilaku jujur dan adil (Al-Malik).
Memiliki semangat dalam belajar dan bekerja (Al-Aziz).
Berusaha mencari ilmu untuk meningkatkan pengetahuan (Al-Alim).
F. Metode Pembelajaran
Diskusi interaktif.
Ceramah dan tanya jawab.
Observasi dan praktik penerapan nilai-nilai Asmaul Husna.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan:
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa bersama.
Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
Apersepsi: Guru bertanya kepada siswa, "Apa yang kalian ketahui tentang Asmaul Husna?"
Kegiatan Inti:
Guru menjelaskan pengertian Asmaul Husna dan menyebutkan beberapa contohnya.
Siswa mendengarkan penjelasan dan membaca Asmaul Husna yang diberikan.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan Asmaul Husna dan artinya secara bergantian.
Diskusi tentang cara menerapkan nilai-nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Penutup:
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Guru memberikan tugas rumah: Siswa membuat tabel 5 Asmaul Husna beserta arti dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Penutup dengan doa.
H. Penilaian
Penilaian Sikap:
Observasi perilaku siswa selama pembelajaran.
Penilaian Pengetahuan:
Tes lisan: Siswa menyebutkan Asmaul Husna dan artinya.
Tes tertulis: Soal tentang pengertian Asmaul Husna dan contohnya.
Penilaian Keterampilan:
Praktik membaca Asmaul Husna dengan benar.
Observasi penerapan nilai-nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis.
Lembar kerja siswa (LKS).
Video atau audio tentang Asmaul Husna.
Al-Qur'an dan Hadis.
Penutup:
Modul ini diharapkan dapat membantu siswa memahami dan mengamalkan nilai-nilai Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi pribadi yang lebih baik sesuai ajaran Islam.
Komentar
Posting Komentar