Langsung ke konten utama

Modul Ajar Al-Qur'an Hadis (Q.S. Al-Hujurat/49:13)


Modul Ajar Al-Qur'an Hadis

A. Identitas Modul

  • Mata Pelajaran: Al-Qur'an Hadis

  • Kelas/Semester: VII/2

  • Materi: Q.S. Al-Hujurat/49:13

  • Alokasi Waktu: 2 Pertemuan (2 x 40 menit)


B. Kompetensi Dasar

  1. Kompetensi Inti (KI):

    • KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

    • KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan lingkungan.

    • KI-3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora.

    • KI-4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

  2. Kompetensi Dasar (KD):

    • 3.7 Memahami kandungan Q.S. Al-Hujurat/49:13.

    • 4.7 Membaca Q.S. Al-Hujurat/49:13 dengan tajwid yang benar dan mengamalkan pesan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.


C. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu membaca Q.S. Al-Hujurat/49:13 dengan tajwid yang benar.

  2. Siswa memahami arti dan kandungan Q.S. Al-Hujurat/49:13.

  3. Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai toleransi dan persaudaraan yang terkandung dalam Q.S. Al-Hujurat/49:13.

  4. Siswa dapat menerapkan nilai-nilai ayat dalam kehidupan sehari-hari.


D. Materi Pembelajaran

  1. Teks dan Terjemah Q.S. Al-Hujurat/49:13

    • Teks: "Yā ayyuhā al-nāsu inna khalaqnākum min dhakarin wa unthā waj’alnākum shu’ūban wa qabā’ila lita’ārafū inna akramakum ‘inda Allāhi atqākum inna Allāha ‘alīmun khabīr."

    • Terjemah:
      "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti."

  2. Kandungan Ayat:

    • Kesetaraan manusia: Semua manusia berasal dari satu sumber, yaitu Nabi Adam dan Hawa.

    • Hikmah perbedaan: Perbedaan bangsa dan suku bertujuan untuk saling mengenal, bukan untuk saling membanggakan.

    • Ukuran kemuliaan: Takwa kepada Allah adalah ukuran kemuliaan di sisi-Nya, bukan kekayaan, jabatan, atau keturunan.

    • Ke-Maha Mengetahuan Allah: Allah Maha Teliti dalam mengetahui siapa yang benar-benar bertakwa.

  3. Nilai-Nilai Ayat:

    • Toleransi dan penghormatan terhadap perbedaan.

    • Persaudaraan universal tanpa memandang ras, suku, atau status sosial.

    • Pentingnya mengedepankan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.


E. Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan: Saintifik.

  2. Model: Diskusi, ceramah, dan tanya jawab.

  3. Metode:

    • Membaca dan menyimak.

    • Analisis ayat.

    • Refleksi nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari.


F. Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Pertemuan Pertama:

    • Pendahuluan:

      • Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa.

      • Apersepsi: Guru bertanya tentang pentingnya saling menghormati di tengah perbedaan.

      • Menyampaikan tujuan pembelajaran.

    • Kegiatan Inti:

      • Siswa membaca Q.S. Al-Hujurat/49:13 secara bergantian dengan tajwid yang benar.

      • Guru menjelaskan arti dan tafsir singkat ayat.

      • Diskusi kelompok tentang hikmah perbedaan manusia.

    • Penutup:

      • Siswa merangkum pelajaran hari itu.

      • Guru memberikan tugas untuk mencari contoh penerapan ayat dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Pertemuan Kedua:

    • Pendahuluan:

      • Mengulas materi pertemuan sebelumnya.

    • Kegiatan Inti:

      • Siswa mempresentasikan tugas tentang contoh penerapan nilai-nilai ayat.

      • Guru menambahkan penjelasan tentang persaudaraan universal dalam Islam.

      • Refleksi individu: Siswa menuliskan rencana tindakan untuk menerapkan nilai-nilai Q.S. Al-Hujurat/49:13.

    • Penutup:

      • Guru memberikan kesimpulan.

      • Doa penutup.


G. Penilaian

  1. Penilaian Pengetahuan:

    • Tes tertulis: Pemahaman arti dan kandungan ayat.

  2. Penilaian Keterampilan:

    • Praktik membaca Q.S. Al-Hujurat/49:13 dengan tajwid yang benar.

  3. Penilaian Sikap:

    • Observasi penerapan nilai-nilai ayat dalam sikap siswa di kelas.


H. Sumber Belajar

  1. Al-Qur'an dan terjemahnya.

  2. Tafsir Al-Muyassar.

  3. Buku teks Al-Qur'an Hadis Kelas VII.

  4. Media pembelajaran: Audio bacaan Q.S. Al-Hujurat/49:13.


I. Tindak Lanjut

  • Guru mendorong siswa untuk terus membaca Al-Qur'an dan merenungkan isinya.

  • Memberikan tugas tambahan untuk menuliskan pengalaman pribadi dalam menerapkan nilai-nilai Q.S. Al-Hujurat/49:13 di rumah atau lingkungan sekitar.

Komentar